Tahu Aci Tegal Memang Tiada Tandingannya!! Enak!!

Tahu Aci Itu Apa Ya??

Hampir setiap kota di Indonesia memiliki ciri khasnya masing masing. Mulai dari bahasanya, budayanya hingga makanan khas nya. Kali ini kami akan membahas mengenai makanan khas khususnya yang ada di Kabuaten Tegal.

tahu aci enak makanan khas dari Tegal
tahu aci enak makanan khas dari Tegal

Di Tegal banyak makanan yang menjadi ciri khas daerah ini, diantaranya kupat glabet, kerupuk antor hingga tahu aci. Tahu aci ini merupakan salah satu yang paling favorit karena bisa dijadikan sebagai cemilan ataupun sebagai hidangan untuk tamu. Dan rasanya sangat kurang kalo anda tidak mencicipi makanan tahu acii ni ketika berkunjung ke Tegal.


Hampir mayoritas warga Tegal mengenal tahu aci. Karena hampir disetiap pinggir jalan banyak penjual yang menjajakannya. Bahkan hingga pedagang asongan pun ikut menjajakan makanan ini di dalam terminal hingga bus yang sedang transit.

Tahu aci ini terbuat dari tahu kuning yang berbentuk segiempat pada umumnya. Kemudian tahu ini dibelah menjadi dua bagian secara melintang hingga membentuk 2 potongan segitiga tahu aci yang sama besarnya. Kemudian dibekas belahan tersebut diberi adonan tepung kanji atau aci hingga menempel. Adonan aci ini biasanya ditambahkan pula sedikit bumbu agar lebih terasa nikmat di lidah. Bumbunya yakni tepung aci, potongan daun kucai dan garam.

Dari pengalaman kami mencicipi tahu aci, Ada beberapa hal yang membuat tahu aci ini sangat nikmat. Salah satunya adalah pemilihan tahu kuning nya. Tahu kuning ini banyak diproduksi di daerah kabupaten Tegal. Sehingga jika anda mencari tahu aci ini didaerah selain Tegal, kemungkinan rasanya akan berbeda. Perbedaan lainnya juga terletak pada adonannya. Pada tahu kuning khas Tegal, Adonan tepung aci yang diracik akan mudah melekat dengan baik ketimbang tahu kuning produksi bukan daerah Tegal. Sehingga menjadikannya mudah lepas, tidak seperti tahu kuning khas Tegal yang melekat.

Hal lain yang membuatnya nikmat juga ada pada proses penggorengannya. Dalam mroses penggorengannya menggunakan minyak goreng yang banyak, Wajan yang lebar dan juga kompor dengan api yang cukup besar. Api besarnya menjadikan tahu aci ini lebih mengembang. Selain itu, Menurut pedagang tahu aci di tegal, Minyak goreng yang sering digunakan untuk menggoreng tahu aci ternyata akan semakin membuat tahu aci lebih lezat jika digunakan kembali.

Tahu aci ini cukup favorit juga dijadikan sebagai oleh oleh. Baik dalam kondisi matang siap makan maupun mentah. Sehingga ketika sampai di rumah kita bisa menggorengnya sendiri sesuai selera.

Selain tahu aci, ada juga yang namanya tahu pletok. Yakni tahu aci yang digoreng kembali dengan tambahan aci, Sehingga porsi acinya jadi lebih besar ketimbang porsi tahu kuningnya. Dan rasanya juga sangat gurih dan nikmat.
Biasanya tahu aci ini sangat diburu saat lebaran tiba. Dari pedagang yang biasa menjual sekitar 800 tahu setiap harinya, Di waktu lebaran penjualannya dapat mencapai hingga 2500 tahu aci per hari.

Tahu aci ini juga cocok disandingkan dengan teh hangat atau minuman khas tegal lainnya.

Selamat Menikmati ūüôā

Tinggalkan Balasan