Monumen GBN di Kabupaten tegal

Monumen GBN di Procot
Monumen GBN di Procot

Tahukah kalian apa kepanjangan dari GBN? Dan juga tentang Sejarah GBN?

GBN merupakan kepanjangan dari Gerakan Banteng Nasional. Menurut sejarah, GBN ini merupakan nama Komando yang dibentuk pada Januari 1950 dibawah pimpinan Letkol Sarbini. GBN ini dibentuk untuk mencegah penyebaran Gerakan DI/TII di Jawa Tengah. Dipimpin oleh Amir Fatah (bekas anggota TNI dari kesatuan Hizbullah) di bagian utara. Dan bergerak di daerah Tegal, Brebes dan Pekalongan.


Gerakan DI/TII tersebut dapat ditumpas melalui Operasi Banteng Nasional. Operasi tersebut dipimpin oleh Kolonel Sarbini, Letkol Bachrum dan Letkol Ahmad Yani pada tahun 1950. Menurut cerita warga sekitar, penumpasan Gerakan DI/TII di Tegal juga melewati Bukit Sitanjung di Lebaksiu.

Dan untuk mengenang jasa mereka, dibangunlah monumen GBN di daerah Procot, Slawi dan di daerah Lebaksiu. Semuanya berada di Kabubaten Tegal. Khususnya daerah Procot, Kawasan Monumen GBN ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Kota Tegal, maupun masyarakat dari luar kota yang melintas. Karena di kawasan tersebut menjadi tempat berkumpulnya berbagai komunitas yang ada di Tegal. Terlebih sejak dibangunnya Tugu Poci yang ada di seberang jalan dari monument GBN, dan Masjid Agung Kabupaten tegal yang megah. membuat kawasan ini hampir tidak pernah sepi dari kalayak masyarakat.

One thought on “Monumen GBN di Kabupaten tegal

  1. Ping-balik: Anonim

Tinggalkan Balasan