Cara Membuat SKCK Baru di Tegal dan Daerah Lain

SKCK merupakan kepanjangan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Dulu lebih dikenal dengan sebutan Surat Keterangan kelakuan Baik (SKKB). Surat ini merupakan surat yang diterbitkan oleh Kepolisian Republik Indonesia melalui Kepolisian Sektor (Polsek) atau kepolisian Resort (Polres) setempat yang berisikan informasi catatan seseorang dalam data kepolisian.

bikin skck di tegal dan daerah lain
bikin skck di tegal dan daerah lain

SKCK ini sangat diperlukan untuk berbagai macam urusan administrasi, terutama sebagai syarat administrasi untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Melamar pekerjaan di perusahaan swasta maupun urusan administrasi lainnya. SKCK ini berlaku selama 6 bulan sejak tanggal diterbitkannya. Jika melewati batas waktunya, anda cukup memperpanjang saja masa berlakunya tanpa dikenai denda tambahan.

Banyak orang yang berpendapat bahwa mengurus SKCK ini sulit. Padahal sebenarnya sangatlah mudah, asal semua syarat syaratnya kita penuhi dan sesuai prosedur yang ada. Bahkan tergolong cukup singkat selama proses penerbitannya.

Melalui tulisan ini, kami akan membahas semua hal yang berkaitan dengan cara membuat SKCK mulai dari kelengkapan persyaratannya hingga proses penerbitan SKCK selesai. Berikut panduan lengkapnya.

Bagi yang baru pertama kali membuat SKCK, SKCK ini bisa dibuat dengan 2 jalur, yaitu secara offline dan secara online. Namun keduanya sama-sama membutuhkan beberapa persyaratan.

Berikut persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat SKCK :

Pertama yang dibutuhkan adalah mempersiapkan Surat pengantar dari Kelurahan. Biasanya Surat pengantar ini diterbitkan oleh Kelurahan dengan saksi atau tanda tangan dari RT, RW dan juga pihak kelurahan. Umumnya tidak ada biaya untuk pembuatan surat pengantar, karena itu sudah menjadi tugas pelayanan dari setiap kelurahan. Kalaupun dikenakan biaya biasanya bersifat sukarela dan seikhlasnya. Itupun untuk dimasukan sebagai kas kelompok masyarakat sebagai dana umum pengembangan wilayah RT.

Sebagai perhatian, surat pengantar tersebut tidak menjadi syarat yang mutlak harus ada. Karena dibeberapa wilayah tidak mewajibkan surat pengantar ini. Hal tersebut dilakukan demi kemudahan dan kenyamanan masyarakat dalam mengurusnya.


Setelah surat pengantar selesai dibuat oleh kelurahan, sebelum menuju Polsek atau Polres, berikut persyaratan yang harus dilengkapi.

Bagi yang terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) :

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) atau kartu identitas lainnya seperti misalnya Surat Izin Mengemudi (SIM)
  2. Fotokopi kartu keluarga (KK)
  3. Fotokopi Akta Kelahiran/Surat Tanda Lahir/Ijazah Terakhir
  4. Pas Foto 4×6 berlatar/background merah sebanyak 2 lembar

Bagi yang terdaftar sebagai Warga negara Asing (WNA) :

  1. Fotokopi Paspor
  2. Surat Sponsor dari Perusahaan (Asli)
  3. Fotokopi surat nikah
  4. Fotokopi Kartu/Surat Izin Tinggak Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal tetap (KITAP)
  5. Pas Foto 4×6 berlatar/background kuning sebanyak 2 lembar

Setelah semua persyaratan lengkap, langsung saja menuju Polsek atau Polres setempat untuk proses penerbitan SKCK nya. Ada beberapa hal penting yang harus diketahui. Untuk keperluan melamar pekerjaan, kelengkapan administrasi PNS/CPNS, pembuatan Visa atau keperluan lain yang bersifat Nasional hingga antar negara, anda tidak bisa mengurusnya di tingkat Polsek, Melainkan harus di Tingkat Polres. Sedangkan untuk keperluan yang bersifat lokal anda bisa langsung datang ke Polsek setempat.

Datanglah ke Polsek atau Polres sekitar jam 8 pagi dan langsung menuju loket bagian pengurusan SKCK. Daftarkan dan masukan berkas yang telah anda siapkan, dan tinggal tunggu panggilan saja.

Penting juga untuk diketahui mengenai Sidik Jari. Dalam proses pembuatan SKCK ini, dibutuhkan data sidik jari yang nantinya bisa direkam di Polsek atau Polres. Setelah dilakulan proses perekaman sidik jari anda akan mendapatkan sebuah kartu kecil berwarna kuning dengan kode kode tertentu yang merupakan kode unik mengenai sidik jari anda. Pembuatan kartu sidik jari ini dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 saja.

Setelah membuat kartu sidik jari, selanjutnya menyerahkan berkas berkas yang telah disiapkan. Menunggu panggilan dan membayar SKCK yang telah diterbitkan. Biayanya sebesar Rp 30.000 rupiah untuk penerbitan SKCK bagi Warga Negara Indonesia (WNI), sedangkan untuk Warga Negara Asing (WNA) sebesar Rp 60.000 rupiah. Anda juga bisa memperbanyak dengan cara memfotokopi untuk dilegalisir kemudian.

Cara Membuat SKCK Online

Cara membuat SKCK via Online memang sedikit mudah, Karena tidak mengharuskan mengantri lama di Polsek atau Polres. Anda cukup mendaftarkan diri saja secara online baik menggunakan smartphone maupun laptop atau pc. Dibawah ini beberapa Polres dan Polsek yang sudah menyediakan fasilitas pembuatan SKCK secara Online.

  1. SKCK Online Polri

Bagi warga Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi silahkan kunjungi website Polri skck.polri.go.id.

  1. Polda Jawa Barat

Untuk warga Jawa Barat Silahkan kunjungi alamat Website jabar.polri.go.id.

  1. Polda Bali

Bagi warga Bali bisa melalui alamat website bali.polri.go.id.

  1. Polda Jawa Tengah

Untuk masyarakat Jawa Tengah silakan kunjungi alamat website skck.jateng.polri.go.id.

  1. Polda Jawa Timur

Bagi masyarakat Jawa Timur silakan kunjungi alamat website jatim.skck.online.

  1. Polres Sidoarjo

Untuk yang berdomisili di Kabupaten Sidoarjo, dapat langsung mengunjungi website sidoarjo.skck.online.

  1. Polres Malang

Bagi yang tinggal di Kota Malang silahkan kunjungi di website polresmalang.com.

  1. Polres Pontianak

Untuk yang berdomisili di Kota Pontianak, dapat mengurus SKCK Online di skck.polrestapontianakkota.org.

  1. Polres Barelang

Bagi Anda yang tinggal di Pulau Batam langsung saja mengunjungi website apok.batam.go.id/daftar/skck.

  1. Polres Banyuwangi

Untuk yang tinggal di Kabupaten Banyuwangi, silahkan kunjungi website banyuwangi.skck.online.

  1. Polres Palembang

Bagi yang berdomisili di Kota Palembang, silahkan kunjungi website restapalembang.org.

  1. Polres Bogor

Untuk yang berdomisili di Kota Bogor, langsung saja daftarkan diri Anda di website daftarskckbogor.com.

Selanjutnya, berikut persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan ketika mendaftar SKCK secara Online. Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan terkadang berbeda dimasing masing instansi karena kebijakan masing masing instansi juga berbeda beda.

bikin skck di tegal dan daerah lain

Pada dasarnya semua persyaratannya sama persis dengan persyaratan yang harus dipersiapkan ketika kita membuat SKCK langsung secara offline. Perbedaannya hanyalah bentuk berkas berkas digital yang harus disiapkan ketika mendaftar secara online. Anda harus menscan setiapdokumen yang dibutuhkan. Berikut semua persyaratannya :

  1. Scan e-KTP asli/tanda pengenal lainnya
  2. Scan Kartu Keluarga asli
  3. Scan Akta Kelahiran/Surata Tanda Lahir/Ijasah
  4. Scan foto doro 4 x 6 dengan background warna merah
  5. Scan Paspor bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan keluar negeri dalam rangka kunjungan atau keperluan penerbitan visa

Jika registrasi dilakukan sebelum pukul 08:00 pagi waktu setempat, SKCK dapat diambil di loket pelayanan sampai dengan pukul 14:00 pada hari yang sama, syaratnya dengan membawa id/kode registrasi serta dokumen dokumen yang disyaratkan. Untuk pengambilan SKCK selambat-lambatnya yaitu 3 hari, jika lewat dari waktu tersebut pemohon harus melakukan registrasi ulang karena data tersebut sudah otomatis akan dihapus setelah batas waktu yang ada.

Pada dasarnya proses pembuatan SKCK itu sangatlah mudah dan tidak sesulit yang kita pikirkan, Baik itu secara offline maupun online. Yang paling utama adalah mempersiapkan dokumen dokumen yang dibutuhkan untuk membuat SKCK.

 

Tinggalkan Balasan