Kerupuk Antor Goreng Pasir Khas Tegal

Tau apa itu Kerupuk Antor?

Kerupuk Antor merupakan salah satu makanan khas daerah Tegal. Ada yang menyebut kerupuk pasir, ada juga yang menyebut kerupuk badeg hingga kerupuk glopot. Dari namanya memang terkesan agak sedikit “kotor” atau tidak bersih. Ya memang karena bumbu bumbu yang menempel itu lah hingga disebut badeg/glopot. Bumbunya berwarna coklat agak kehitaman.


krupuk antor goreng pasir khas Tegal
krupuk antor goreng pasir khas Tegal

Krupuk ini cukup unik, baik dalam rasanya maupun dalam proses pembuatannya. Ada dua jenis kerupuk antor yang ada di Tegal, yakni kerupuk antor warna warni dan yang biasa. Untuk kerupuk antor yang biasa bumbunya akan terlihat lebih pekat dan banyak. Rasanya gurih, renyah dan manis. ada juga yang beraroma bawang.

Dari ukurannya juga berbeda. Biasanya untuk kerupuk antor warna warni ukurannya lebih kecil. Bahkan kita bisa memakan langsung 1 kerupuk antor warna warni secara utuh masuk ke mulut. Berbeda dengan kerupuk antor yang satunya. Ukurannya lebih besar sehingga perlu digigit dan dimakan bertahap untuk 1 kerupuknya. Tapi semuanya sama sama gurih dan renyah.

Dalam proses pembuatannya unik karena tidak menggunakan media minyak goreng, melainkan menggunakan pasir yang sudah disortir kebersihannya. Kerupuk antor ini juga sangat cocok untuk anda bawa pulang sebagai oleh oleh ketika berkunjung ke Tegal Jawa tengah. Selain Kerupuk antor ada juga oleh oleh khas Tegal lainnya seperti tahu aci, kacang bogares dan lainnya.

Proses pembuatannya cukup sederhana. Setelah kerupuk mentah kering terjemur, Selanjutnya digoreng dengan menggunakan media wedi/pasir, atau biasa juga disebut disangrai. Setelah proses sangrai mengunakan pasir selesai, Kerupuk Antor khas Tegal ini dibumbui khusus hingga rasanya gurih dan lezat. Kerupuk yang telah berbumbu berubah menjadi lebih pekat dan terlihat sangat menggiurkan.

Kerupuk Antor ini banyak dijumpai di pasar pasar tradisional. Atau bisa langsung datang ke produsennya di daerah Harjosari Lor, Harjosari Kidul, Pagedangan, Ujungrusi, dan Penarukan. Daerah daerah tersebut memang terkenal dengan industri rumah tangga penghasil kerupuk antor.

Selamat berwisata di Tegal ūüôā

Tinggalkan Balasan