JUARA SATU!! Kabupaten Tegal dalam Anugerah Pangripta Nusantara 2018

Setelah dikabarkan sebelumnya bahwa Kabupaten Tegal mewakili Jawa Tengah untuk maju ke tingkat nasional. Dalam ajang Pangripta Abipraya Award 2018 ini Akhirnya didapuk menjadi Pemenang Juara satu dalam ajang penghargaan bergengsi tersebut. JuaraSatu!!

Kabupaten Tegal juara satu dalam penghargaan bergensi pangripta nusantara 2018
Kabupaten Tegal juara satu dalam penghargaan bergensi pangripta nusantara 2018

Pada tanggal 29 maret 2018 Kabupaten Tegal dinobatkan menjadi pemenang utama Pangripta Abipraya 2018 se-Jawa Tengah. Saat itu penyerahan penghargaannya diserahkan oleh Plt Gubernur Jawa Tengah pada 11 april 2018. Selanjutnya Kabupaten Tegal mewakili Jawa Tengah untuk maju ke tingkat nasional di ajang Pangripta Abipraya Awards 2018.


Aspek yang dinilai dalam ajang tersebut yakni perencanaan pembangunan dan pencapaian rencana pembangunan tahun sebelumnya.

Di Kabupaten Tegal, Bappeda dan Litbang melaksanakan proses perencanaan yang berbasis konsep partisipatori planning dengan mengedepankan partisipasi masyarakat sebagai titik strategis. Pengembangan perencanaan di Kabupaten Tegal memiliki konsep mengurangi pengangguran dan kemiskinan termasuk program teknis rumah tidak layak huni.

Dan sekarang pada hari senin 30 April 2018, Kabupaten Tegal didapuk menjadi juara pertama dalam penghargaan bergensi Pangripta Nusantara 2018 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. Pangripta Nusantara merupakan penilaian di bidang perencanaan pembangunan dan realisasinya. Presiden Joko Widodo yang memberikan langsung penghargaan tersebut kepada penjabat sementara (Pjs) Bupati Tegal Sinoeng Noegroho Rachmadi di Hotel Sahid Jakarta saat Musrenbangnas 2018.

Kabupaten Tegal juara satu dalam penghargaan bergensi pangripta nusantara 2018
Kabupaten Tegal juara satu dalam penghargaan bergensi pangripta nusantara 2018

Ada beberapa progam yang menarik tim penilai serta manfaatnya untuk masyarakat Kabupaten Tegal. Satu diantaranya yakni Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM).

Program yang pada awal pelaksanaannya berorientasi pada penataan lingkungan permukiman kumuh, dan bergeser menjadi program penuntasan pembangunan jamban keluarga sehat ini dinilai realistis untuk mencapai target Kabupaten ODF 2019.

Selain PDPM beberapa progam unggulan Kabupaten Tegal yang menginspirasi dan menarik tim penilai. Diantaranya yaitu program Lair Olih Akta (LOAKK), PSC 119, aplikasi PBB Online, Sistem Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (SIKIA), penuntasan anak putus sekolah lewat gerakan Yuh Sekolah Maning, dan RTLH.

Tahun sebelumnya Kota Slawi berhasil meraih penghargaan nasional di bidang lingkungan hidup, yakni Piala Adipura.

Tinggalkan Balasan