Presiden Resmikan Jalan Tol Tegal

Presiden Joko Widodo pada hari Jumat 9 November 2018, meresmikan jalan tol Pejagan-Tegal-Pemalang.

Jalur Tol tersebut Tepatnya segmen Brebes Timur-Sewaka sepanjang 37,3 kilometer. Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga meresmikan beroperasinya jalan tol Pemalang- Batang. Jalur Tol tersebut Tepatnya segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang sepanjang 5,4 kilometer.

Presiden Joko Widodo saat meresmikan ruas tol Pejagan-Pemalang, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11/2018).(Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo saat meresmikan ruas tol Pejagan-Pemalang, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11/2018).(Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Dikutip dari berbagai wartawan, Presiden Jokowi mengatakan, beroperasinya jalan tol tersebut akan menambah konektivitas di Pulau Jawa.

Beliau mengatakan “Dalam empat tahun terakhir, satu demi satu konektivitas di negara kita Indonesia semakin terwujud. Konektivitas antarpulau, antarprovinsi dan antarkota/ kabupaten. Baik berupa jalan atau bandara sudah semakin terintegrasi. Daerah demi daerah, wilayah demi wilayah, pulau demi pulau, mulai terhubung,” Kata Presiden Jokowi dalam siaran pers resminya.

Pembangunan jalan tol ini tidak hanya akan menghubungkan satu wilayah ke wilayah lainnya. Melainkan dari satu titik perekonomian ke titik perekonomian lainnya. Harapannya yaitu kondisi tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.

Laporan yang ia terima bahwa saat ini ada 640 kilometer jalan tol di Pulau Jawa yang beroperasi dari Merak hingga Surabaya. Jadi total seluruh ruas tol dari barat ke timur Pulau Jawa berkisar sepanjang 870 kilometer. Namun begitu masih ada ruas yang masih dalam tahap pengerjaan.


Beliau melanjutkan “Kita harapkan ini nantinya betul-betul bisa mempercepat distribusi, barang dan jasa yang semakin lancar”.

Jalan tol Pejagan-Tegal-Pemalang ini memiliki panjang keseluruhan 57,5 kilometer. Jumlah Biaya investasi proyek tersebut mencapai Rp 7,62 triliun. Segmen yang diresmikan Presiden Jokowi ini sendiri diketahui mulai dibangun pada Januari 2017 pada Tahun lalu. Sedangkan jalan tol Pemalang-Batang memiliki panjang keseluruhan 39,2 kilometer dengan jumlah biaya investasi sebesar Rp 7,5 triliun.

Turut menemani Presiden Jokowi yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Hadir pula Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk, I Gusti Ngurah Putra.

Menteri BUMN Rini mengapresiasi upaya Waskita Karya menyelesaikan proyek jalan tol Trans Jawa, khususnya pada pengerjaan Tol Pejagan-Pemalang dengan tepat waktu.

Beliau mengatakan “Peresmian operasional seksi III dan IV hari ini melengkapi Jalan tol Pejagan–Pemalang seksi I dan II yang telah diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Juni 2016. Ini artinya keseluruhan jalan tol Pejagan–Pemalang sepanjang 57,5 kilometer telah beroperasi,”

“Terima kasih kepada Waskita Karya dan seluruh stakeholder yang sudah berkomitmen penuh menyelesaikan proyek ini sesuai dengan target yang ditetapkan,” ujar Menteri BUMN Rini.

Menteri BUMN Rini yakin terkoneksinya Pulau Jawa melalui jalan tol ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian. Pertama yaitu biaya logistik yang lebih murah karena akses transportasi yang lebih cepat dan efisien. kedua yaitu akan diikuti dengan terbukanya lapangan kerja serta menggerakan kegiatan perekonomian di daerah yang dilalui ruas tol Trans Jawa ini.

Beliau kembali mengatakan “Saya pun selalu menekankan kepada BUMN agar turut aktif dalam menangkap dan memaksimalkan setiap dampak positif dari kehadiran jalan tol. Sehingga memacu pertumbuhan roda perekonomian masyarakat setempat dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik berkat adanya jalan tol,”

Semoga Jalan Tol ini bisa bermanfaat bagi semua yaa.. 🙂

Sambil lewat tol baru ini, yuk liat juga tempat tempat wisata menarik yang ada di kota Tegal dan Sekitarnya seperti Pemandian Air Panas, Taman Rakyat dan juga beberapa makanan kuliner khas daerah tegal seperti Tahu aci hingga Es Sagwan 🙂

 

Tinggalkan Balasan