Jenis Jenis Puasa Dalam Islam

Puasa dalam lingkup Islam di bagi menjadi dua, yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib dibagi menjadi tiga, diantaranya yaitu (1) Puasa Ramadhan, (2) Puasa kafarat, dan (3) Puasa nazar. Pada bahasan kali ini yang kita bahas adalah puasa Ramadhan dan puasa sunnah. Adapun untuk jenis puasa lain akan dijelaskan pada tulisan tersendiri.

keutamaan puasa

Puasa Ramadhan

Hukum Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah wajib berdasarkan Al-Qur’an, As-Sunnah, dan Ijma’

1. Berikut Dalil yang berlandaskan Al-Qur’an.

Allah SWT. berfirman,

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (al-Baqarah [2]: 183)

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah.” (al-Baqarah [2]: 185)

2. Berikut Dalil yang berlandaskan As-Sunnah.

Dalil yang berlandaskan As-Sunnah adalah sabda Nabi SAW.,

Dalil Hukum Puasa yang berdasarkan As-Sunnah
Dalil Hukum Puasa yang berdasarkan As-Sunnah

“Islam didirikan atas lima perkara; (1) persaksian bahwa tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, (2) mendirikan shalat, (3) membayar zakat, (4) puasa Ramadhan, (5) dan melaksanakan haji.


Di dalam Hadits Thalhah bin Ubaidillah disebutkan bahwa seseorang berkata kepada Nabi SAW., “Wahai Rosulullah, beri tahulah aku puasa yang diwajibkan kepadaku.” Beliau bersabda, “Puasa Ramadhan”

Ia bertanya, “Apakah ada puasa wajib selain itu?” Beliau menjawab. “Tidak ada, kecuali puasa Sunnah. *Ditulis oleh Ibnu Katsir di dalam Tafsir Ini Katsir.

3. Berikut Dalil yang berlandaskah ijma’.

Umat Islam telah sepakat bahwa puasa Ramadhan adalah wajib dan salah satu dari lima rukun Islam yang kebenarannya tidak terbantahkan lagi. oleh karena itu, orang yang mengingkarinya adalah kafir dan keluar dari agama Islam.

Adapun perintah ibadah puasa Ramadhan mulai diwajibkan pemberlakukannya pada hari Senin, tanggal dua Sya’ban tahun kedua Hijriah

Puasa di Bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan. Ada berbagai dalil yang menunjukan hal tersebut. Dalil dalinya akan kami bahas di tulisan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan