Serunya Berendam Air Panas Di Guci, Ayo Ketegal!

Guci merupakan salah satu objek wisata favorit masyarakat Tegal, bahkan Jawa Tengah.

Objek wisata Guci ini berlokasi di kaki Gunung Slamet yang merupakan Gunung Tertinggi di Jawa tengah. Banyak spot spot menarik yang ada di Guci. Salah satu yang dibanggakan yaitu Pemandian Air panasnya. Air panas ini murni dari fenomena alam yang dihasilkan oleh panas Bumi (Geo Thermal). Walaupun tidak jauh dari Pantura, Suasana disini sangat berbeda jauh. Kesejukan udara pegunugannya yang khas bertolak belakang dengan iklim pesisir pantai utara jawa yang panas. Itu karena Guci ini berada di ketinggian lebih dari 1000 Mdpl

pemandian air panas pancuran 13 guci
pemandian air panas pancuran 13 guci

Guci atau banyak yang menyebutnya juga dengan istilah “Taman Wisata Hot Waterboom”, memiliki sumber air panas yang dimanfaatkan oleh Pemda sebagai daya tarik wisatawan. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Air panas ini juga dipercaya sebagai sarana untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti Rematik, Pegal pegal, Kulit dan lain lain.


Guci berlokasi tepatnya di kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal, dan berada dikaki Gunung Slamet. Selain dipercaya sebagai penyembuh berbagai penyakit, tak jarang pula orang orang meyakini dengan berendam dalam pemandian air panas ini membuat wajah akan terlihat lebih awet muda. Uniknya, pada malam jumat kliwon masyarakat berlomba lomba datang ke guci untuk berendam. Mereka percaya bahwa hajat mereka akan terkabul dengan melakukan aktivitas tersebut.

Wisata pemandian air panas Guci memiliki beberapa tempat pemandian umum, baik yang terbuka maupun tertutup. untuk berendam disini anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar 10ribu per orang khusus untuk pemandian tertutup. Sedangkan untuk pemandian umum yang terbuka anda tinggal berendam saja sesukanya karena gratis. tapi anda harus siap siap berbagi ruang dengan pengunjung lain yang jumlahnya sangat banyak. Apalagi di hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional maupun hari libur sekolah.

Beberapa spot pemandian air panas terbuka yang paling banyak diminati masyarakat adalah Pancuran 5, Pancuran 7, Pancuran 13. Penamaan tersebut berdasarkan jumlah pancuran yang ada.

Setelah berendam, anda juga bisa membilasnya di kamar mandi umum yang telah difasilitasi.

Pertama kali anda mencelupkan kaki kedalam kolam air hangat tersebut, Anda akan merasakan bahwa itu air yang sangat panas, Itu karena badan kita belum beradaptasi dengan suhu air tersebut. Cobalah untuk sedikit sedikit mencelupkan kaki dahulu, perlahan hingga seluruh tubuh. Anda akan merasakan terapi pijat air panas yang menyenangkan. Badan serta pikiran menjadi semakin rileks dan nyaman. air panas disini jernih, tidak berwarna dan tidak berbau belerang. Disamping pemandian umum terbuka ini anda juga dimanjakan dengan aliran sungai yang mengalir dari air terjun yang berada ujung, tidak jauh dari kolam ini.

Tepat di atas pemandian air panas Pancuran 13, terdapat beberapa air terjun dengan suasana yang asri. Air terjun yang paling populer ialah Air Terjun Jedor. Bagi anda yang tidak begitu suka akan berendam di air panas, tidak jauh dari lokasi air terjun tersebut tersedia beragam fasilitas outbound, bumi perkemahan, serta lapangan tenis dan sepak bola.

Tidak hanya sekedar berendam dan bermain, di wisata Guci ini juga tersedia lebih dari 40 ekor kuda terlatih yang siap menggajak wisatawan mengelilingi kompleks Guci. Tarif naik kuda ditentukan berdasarkan rute yang dilalui. Rute jarak dekat dikenakan biaya sebesar 10.000 ripuah per orang. Sedangkan, untuk jarak jauh yakni memutari kawasan Guci dikenakan sebesar 50.000 rupiah.

Setelah berendam dan bermain biasanya perut kita akan terasa sangat lapar. Nah, disini juga tersedia berbagai macam kuliner khas tegal. Salah satu yang terkenal adalah menu pecel. Pecel disini berbeda dengan pecel pada umumnya yang disajikan dengan berbagai sayuran. Pecel disini berarti rujak. Pecel versi tegal terdiri dari beraneka buah seperti jambu, nanas, pepaya dan mangga. Buah buahan tersebut kemudian disiram dengan saus gula merah kental sehingga tercipta rasa manis, asem dan segar. Tapi seiring dengan perkembangan kuliner, daerah wisata Guci Tegal juga menawarkan pecel yang berisikan sayuran segar lengkap dengan bumbu kacangnya. Perjalanan menuju tempat wisata ini dapat ditempuh selama 1 jam an dari arah Kota Tegal. Perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Selama perjalanan dari kota Tegal, anda akan melewati pusat kota Slawi hingga tiba di daerah Kecamatan Lebaksiu. Terus jalan hingga tiba Di pertigaan Yomani. dari sini ambil kiri (Selatan). perjalanan masih sekitar 25 kilometer.

Tinggalkan Balasan